Softskill - Penulisan bahasa iklan 2
Lecture : Ms. Mila Rosmaya
Ruri Erviyanti
16612730
1 SA 04
A. Commercial
Advertising
-
By Institutional Government
1.
Kereta
api adalah sarana transportasi milik Pemerintah yang berupa kendaraan
dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan
lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan
alat transportasi
massal. Rangkaian kereta atau gerbong berukuran relatif luas sehingga mampu
memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai
angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara
maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota,
antarkota, maupun antarnegara. Kereta
api bisa dijadikan salah satu solusi mengatasi kemacetan.
2.
PDAM
atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah,
yang yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM
terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.
PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang
diawasi dan dimonitor oleh aparataparat eksekutif maupun legislatif
daerah.Perusahaan air minum yang dikelola negara secara modern sudah ada sejak
jaman penjajahan Belanda pada tahun 1920an dengan nama Waterleiding
sedangkan pada pendudukan Jepang perusahaan air minum dinamai Suido Syo.
-
Taktis Advertising
1.
Iklan dari Lejel Home Shopping ini
menawarkan produk kitchen cook yang memberikan harga special dari harga normal
Rp 1.280.000/set menjadi Rp 878.000/set juga mendapatkan bonus free voucher
ticket. Namun penawaran harga special ini hanya berlangsung selama live saja
pada hari kamis, 25 oktober 2012 pada pukul 10.00 wib – hingga selesai. Iklan
ini bertujuan agar penonton segera membeli produk ini. Penawaran khusus pada
iklan ini berjangka pendek, maka termasuk iklan taktis.
2. Carrefour
Carrefour menawarkan diskon 40% pada semua
produk matras. Diskon ini hanya berlaku pada tanggal 15-16 maret. Hanya 1 hari,
jadi pemirsa yang ingin membeli produk diskon ini harus segera ke Carrefour.
Ikan ini termasuk iklan taktis karena mendesak atau penawaran hanya dalam
jangka pendek.
3. LEKSIKA FAIR DISKON 15-70% ALL ITEMS, +5%
untuk Member, 5-14 Desember 2008.
Leksika Fair 2008. Mulai 5-14 Desember 2008.
Dapatkan diskon 15%-70% all items, +5% untuk member. Belanja 250ribu GRATIS Tas
Cantik. Jadi,segera catat buku-buku yang menjadi incaran Anda, bila perlu pesan
dulu ke CSO supaya disimpankan. Program ini berlaku di semua toko buku Leksika.
Belum jadi member? Gampang! Selama masa promosi cukup belanja 25ribu, GRATIS
member card langsung jadi. Buruan ke Leksika atau hubungi Layanan Pesan Antar.
Iklan ini termasuk iklan taktis karena iklan
ini menawarkan diskon hanya pada waktu yang di syaratkan. Bertujuan agar
pembeli segera membeli produk ini.
B. Corporate
Advertising
1. Rinso Cair Aksi 1 Tutup Botol
Rinso cair mengadakan kegiatan yang
berorientasi pada masyarakat, terutama pada kalangan ibu-ibu. Dengan
menggunakan 1 tutup botol rinso cair, cucian sudah bersih dan menghasilkan
banyak busa, bertujuan juga bahwa dengan menggunakan 1 tutup botol rinso cair
dapat menghemat penggunaan detergen atau
sabun cuci cair.
2. Domestos
Gerakan 1000 Toilet Higienis
Dengan kegiatan gerakan 1000 toilet bersih
diberbagai lingkungan, seperti di sekolah, rumah atau tempat umum lainya, akan
membuat domestos dipercaya, diakui kualitas dan kebersihannya oleh banyak
orang. Dengan kegiatan ini domestos juga bertujuan sebagai kegiatan peduli
lingkungan.
3. Mudik
Aman Bareng Yamaha
Perusahaan Yamaha ini mengadakan Mudik aman
bareng Yamaha bertujuan mengajak dan memudahkan masyarakat yang menggunakan
sepeda motor Yamaha dapat bersama-sama mudik dengan asik, aman dan nyaman.
4. Gerak
Jalan Sehat Tolak Angin
Dengan tolak angin mengadakan kegiatan
gerak jalan sehat, ditujukan agar marsyarakat yang mengikuti kegiatan ini akan
terbiasa melakukan olahraga atau gerak jalan sehat.
5. Promo
Dancow Batita
Masa pertumbuhan adalah masa yang penting bagi batita (bawah
tiga tahun). Meski harga kebutuhan pokok semakin melambung, namun orang tua
harus tetap memberikan nutrisi lengkap pada buah hatinya. Pada kegiatan ini
selain mempromosikan produk, dancow
batita juga mengadakan berbagai games untuk anak-anak yang datang.
C. Public
Service advertising
1. Posyandu
Pos Pelayanan Keluarga
Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan
kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang
dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari
masyarakat di bidang kesehatan. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang
dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek
petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. Jadi pemerintah
menyarankan agar orang tua harus rajin-rajin dan aktif memeriksakan atau
mengikuti kegiatan posyandu untuk kesehatan dan kebaikan anaknya.
2. Pertamina
Pada iklan ini
Pemerintah menganjurkan kepada semua masyarakat untuk menghemat BBM jenis
Premium, salah satu cara Pemerintah adalah degan mengajak masyarakat yang
menggunakan mobil mewah untuk menggunakan BBM jenis Pertamax agar kalangan
masyarakat bawah tidak kesulitan menggunakan BBM jenis Premium. Karena iklan
ini berupa ajakan jadi iklan ini termasuk Public Service Advertising.
3. Listrik
Pada iklan ini bertujuan untuk mengajak
masyarakat untuk menghemat Listrik, menggunakan pemakaian listrik secukupnya,
agar Negara kita ini tidak kehabisan atau krisis listrik.
4. BNN
“Katakan Tidak Untuk Narkoba”
Melalui BNN iklan ini
bertujuan mengajak masyarakat untuk menjauhi obat terlarang(narkoba), akan
banyak sekali akibat yang akan terjadi bila seseorang menggunakan narkoba. Maka
jangan sekali-kali mencoba menggunakan barang haram tersebut, mulai dari diri
pribadi katakan tidak untuk narkoba.
5. “Sudah
Hemat Air?”
Iklan ini mengajak semua masyarakat untuk menghemat air, agar Negara kita ini
tidak krisis air apalagi air bersih. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan
untuk menghemat air:
·
Saat menyikat gigi, isi satu gelas penuh air untuk berkumur. Cara ini
jauh lebih hemat dibandingkan dengan mengambil air keran, yang bisa
menghabiskan sekitar 5 liter per menit.
·
Latih kepekaan kita terhadap pemborosan air. Misalnya, saat melihat
keran air yang masih mengucur, kita tutup kerannya, dan masih banyak lagi.
·
Kurangi waktu penggunaan shower saat mandi. Dengan mengurangi 1 atau 2
menit saja, kita bisa menghemat air hingga 150 galon setiap bulannya.
·
Yuk, lupakan gaya mandi berendam demi menghemat air. Bakal banyak sekali
air yang terbuang saat kita melakukan ritual ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar