Komunikasi atau communicaton berasal
dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'. Communico, communicatio atau communicare yang
berarti membuat sama (make to common). Pengertian komunikasi adalah suatu proses dalam
mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan
orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau
verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih
dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap
tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini
disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. Berikut ini beberapa Pengertian
Komunikasi Menurut para Ahli: Everett M. Rogers: Komunikasi adalah
proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih,
dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
Rogers & D.
Lawrence Kincaid: Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih
membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yg pada
gilirannya akan tiba pada saling pengertian yg mendalam. Shannon
& Weaver: Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yg saling pengaruh
mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada
bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi
muka, lukisan, seni, dan teknologi.
Bisnis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Tim Penyusun Kamus, 2007:
90) memiliki pengertian yaitu, merupakan usaha komersial dalam dunia
perdagangan, bidang usaha, atau usaha dagang”. Sejalan dengan itu bisnis dalam
kamus bahasa Inggris-Indonesia “business” berarti “perusahaan, urusan, atau
usaha”. Sedangkan menurut Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert (2006: 4),
“Bisnis (perusahaan) adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk
dijual dengan maksud mendapatkan laba”.
Komunikasi Bisnis menurut Rosenblatt S. ernand (1982:7) mengatakan bahwa
dalam komunikasi bisnis terdapat pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi
dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal maupun nonpersonal
melalui symbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Dan juga
komunikasi dalam organisasi bisnis ditunjukan untuk menyelesaikan masalah dan
membuat keputusan (Curtis dkk).
Analisa dengan Kalbe Farma, PT Kalbe
Farma Tbk yang merupakan perusahaan
Internasional yang memproduksi
farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan
kesehatan yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini menghasilkan
berbagai macam-macam bahan farmasi. Sejarah Kalbe selama lebih dari 40 tahun, dimana pengembangan usaha
telah gencar dilakukan melalui akuisisi strategis terhadap
perusahaan-perusahaan farmasi lainnya, membangun merek-merek produk yang
unggul, dan menjangkau pasar internasional dalam rangka transformasi. Kalbe
telah berhasil memposisikan merek-mereknya sebagai pemimpin di dalam
masing-masing kategori terapi dan segmen industri tidak hanya di Indonesia
namun juga di berbagai pasar internasional, dengan produk-produk kesehatan dan
obat-obatan yang telah senantiasa menjadi andalan keluarga. Kalbe menjadi perusahaan produk kesehatan
serta nutrisi yang terintegrasi dengan daya inovasi, strategi pemasaran,
pengembangan merek, distribusi, kekuatan keuangan, keahlian riset dan
pengembangan serta produksi yang sulit ditandingi dalam mewujudkan misinya. Kalbe Farma yang memiliki motto “Innovation for a Better Life”. Menurut saya, motto tersebut sangat bagus
dalam sebuah komunikasi bisnis, dalam motto tersebut ada pesan yang ingin disampaikan
kepada pemirsa atau pengguna produk Kalbe Farma. Yaitu, Kalbe dalam memprodukasi produk-produknya selalu
memunculkan inovasi untuk suatu tujuan yang ingin dicapai bersama ialah meningkatkan
kesehatan dan untuk kehidupan yang lebih baik.
Referensi :
Ruri Erviyanti
16612730
3 SA 05
Softskill - Tulisan 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar