Senin, 19 November 2012

Contoh iklan yang melanggar tata krama

Softskill 3


1) 1.22 dan 1.4 (Penggunaan kata No.1)

Iklan sabun Lifebuoy – Sabun anti kuman No.1 di dunia.
Iklan ini menggunakan kata No.1 yang merupakan salah satu ketentuan yang melanggar tata karma dalam pengiklanan. Iklan ini juga menyebutkan No.1 tanpa disertai bukti dan pernyataan tertulis dari otoritas terkait atau sumber yang otentik yang perlihatkan pada saat penayangan iklan.

2) 1.6 (Pencantuman harga)

Pada iklan ini mencantumkan harga yang kurang jelas tepatnya, penggunaan kata -an hanya akan membuat konsumen bingung terhadap harga pastinya, sehingga konsumen tidak paham apa yang akan diperolehnya dengan harga tersebut. Seharusnya setiap pengiklanan mencantumkan harga yang jelas agar konsumen jelas.

3) 1.3 (Penggunaan asteris*)
Iklan Rinso cair - *Berdasarkan Uji Laboratorium, dibandingkan terhadap deterjen, hasil bervariasi tergantung jenis kain dan noda.
 
Pada penayangan iklan, produk ini mengatakan dapat menghilangkan dan membersihkan noda dan lebih efektif dari sabun bubuk, ternyata iklan ini menampilkan asteris yang mengatakan hasil bervariasi tergantung jenis kain dan noda, kenyataannya produk ini tidak membersihkan berbagai jenis noda. Seharusnya dikatakan pada saat pengiklanan dan asteris tidak digunakan lagi untuk menyesatkan atau membingungkan penonton tentang kualitas dari produk yang diiklankan.

4) 1.11 (Keselamatan)
Iklan HiLo active
Pada penayangan iklan ini jelas menampilkan seorang gadis berjalan diatas besi tanpa ada pegangan dan menaiki troli gedung tanpa alat pengaman yang sangat membahayakan keselamatan, dan utamanya lagi adegan ini tidak berkaitan dengan produk yang diiklankan.

5) 1.14 (Waktu tenggang – elapse time)
- Iklan Pond’s age miracle
Pada pengiklanan Pond’s Age Miracle mengungkapkan dapat membantu pencegahan penuaan dini dan mendapatkan kecantikan muda yang berawal dari dalam. Tetapi pada pengiklanan ini dalam penggunaanya tidak menyebutkan waktu tenggang atau berapa lama kinerja produk ini dapat memberikan hasilnya.
- Iklan Fair&Lovely (versi Shiren Sungkar)

Pada penayangan iklan ini, produk dapat mencerahkan wajah tetapi tidak memberitahukan secara jelas waktu tenggang kapan atau berapa lama produk ini dapat mencerahkan wajah si pemakai.

6) 1.15 (Penampilan pangan)
Iklan permen coklat chacha
 
Iklan ini menampilkan cara asik makan permen coklat chacha tetapi dengan cara yang tidak baik yaitu dengan melempar permen chacha atau sama saja melempar mkanan merupakan salah satu hal yang melanggar tata krama dalam pengiklanan.

7) 1.21 (Merendahkan)
Iklan adem sari
  
Pada penayangan iklan ini, berbagai produk minuman untuk meredakan panas dalam (pesaing) yang berada dibelakang orang tersebut diburamkan, ini jelas merendahkan produk pesaing secara tidak langsung. Seharusnya dalam mengiklankan suatu produk tidak perlu merendahkan produk pesaing.

8) 1.22 (Peniruan)
Iklan aqua terhadap iklan ades


Pada pengiklanan aqua yang meremas kemasan botol, walaupun itu sama-sama untuk melakukan perubahan tetapi aqua mengikuti atau meniru ades yang lebih dulu menampilkan iklan yang memberikan perubahan dengan cara meremas kemasan botol sebelum kemasan botol dibuang.

9) 1.27.2 (Khalayak anak-anak)
Trailer film langit ke 7
Film iklan yang tampil pada segmen atau jam film anak-anak ditayangkan yaitu pada film spongebob pagi hari, trailer ini ada yang menampilkan adegan maupun perkataan yang tidak baik(sotoy) yang tidak layak bagi anak-anak. Sebaiknya trailer ini tidak ditayangkan pada waktu siaran khalayak anak-anak.

Tidak ada komentar: