Minggu, 20 April 2014

Mengkaji Sebuah Novel


Judul novel      : Pudarnya Pesona Cleopatra
Pengarang       : Habiburrahman El Shirazy
Tahun terbit     : 2005

1.      Plot
Plot dalam cerita ini merupakan plot tertutup karena akhir cerita tidak merangsang pembaca untuk meneruskan jalan ceritanya.
Plot dalam cerita ini merupakan plot maju (Plot Periodik). Yang meliputi :
A.    Perkenalan :
Aku menyetujui penjodohan dengan wanita pilihan ibunya yang bernama Raihana.

B.     Pemaparan masalah :
Aku menikah dengan Raihana yang sama sekali tidak aku cintai.
C.     Puncak masalah (Klimaks) :
Aku muak dengan pernikahannya bersama Raihana.

D.     Peleraian (Anti-klimaks) :
Raihana hamil dan Aku mulai mencintai dan merindukan sosok Raihana.

E.     Penyelesaian (Ending) :
Aku sudah mencintai Raihana, namun Raihana dan kandungannya telah tiada, dan Aku sangat menyesalinya.

2.      Tema
Cinta dan penyesalan

3.      Setting
-      Latar sosial                  : keluarga sederhana, religius
     Latar tempat               : di rumah (rumah yang sederhana), di kampus, tempat pelatihan (di Jawa Barat) dan di kota Malang
-      Latar waktu                 : masa kini

4.      Sudut pandang
Menggunakan sudut pandangan orang pertama, karena dalam cerita pengarang menyebut dirinya sebagai Aku.

5.      Gaya Bahasa
Bahasa yang digunakan merupakan bahasa sehari-hari, bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca.
-           “Mas mandi pakai air hangat saja ya. Aku sedang menggodog air. Lima menit lagi mendidih. “
Dan terdapat majas Hiperbol
-          “Cantiknya benar-benar alami. Bisa jadi iklan sabun Lux lho, asli!”

6.      Tokoh

1.      Aku          (protagonis)     : sebagai pemeran utama dalam cerita, laki-laki yang sangat patuh terhadap ibunya, sangat menyukai pesona gadis mesir(Cleopatra).
2.      Raihana    (protagonis)     : istri dari tokoh Aku, wanita yang sangat soleha, taat dan patuh terhadap suaminya.
3.      Aida         (protagonis)     : adik dari tokoh aku, orang yang ceria dan patuh.
4.      Tante Lia (protagonis)     : pemilik sebuah salon, orang yang ceria dan mendukung penuh nasihat dari ibu aku.
5.      Yu Fatimah (protagonis) : kakak sulung Raihana.
6.      Pak Hardi dan pak Susilo (protagonis) : rekan kerja tokoh aku yang berprofesi sebagai dosen.
7.      Pak Qalyubi (protagonis) : rekan kerja tokoh aku, sebagai dosen bahasa Arab dari Medan.

Referensi :
El-Sirazy, Habiburrahman. 2005. Pudarnya Pesona Cleopatra. Jakarta: Republika.


Ruri Erviyanti
16612730
2 SA 05

Tidak ada komentar: