Kamis, 24 April 2014

Monolog

Definisi monolog


Monolog adalah istilah keilmuan yang diambil dari kata mono yang artinya satu dan log dari kata logi yang artinya ilmu. Secara harfiah monolog adalah suatu ilmu terapan yang mengajarkan tentang seni  peran dimana hanya dibutuhkan satu orang atau dialog bisu untuk melakukan adegan/ sketsanya. Kata monolog lebih banyak ditujukan untuk kegiatan seni terutama seni peran dan teater.

Sejarah Monolog


Sejarah monolog sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 60-an pada saat itu pertelevisian tidak mengenal dubbing/pengisian suara oleh karena itu monolog banyak dipraktekkan untuk membuat film-film komedi / horror.Salah satu pengagas monolog yang terkenal adalah Charlie Chaplin. Monolog diperkenalkan pertama kali di Hollywood sektiar tahun 1964 lalu berkembang menjadi sarana seni dan teater dan sudah menjadi salah satu teori / pembelajaran dari karya seni teater.

Contoh Monolog :



Mengalah Untuk Sahabat
By : Ruri Erviyanti

Tokoh : Ririn, Randy dan Audy
Tempat : Kampus Universitas Gunadarma

Hai, kenalkan nama aku Ririn Diana Putri, aku biasa dipanggil Ririn. Umurku sekarang 18 tahun dan sebentar lagi dibulan September aku akan merasakan dunia perkuliahan. Aku terdaftar sebagai mahasiswi Sastra Inggris di salah satu Universitas Swasta terkenal di Bekasi sebut saja Univeritas Gunadarma. Aku keterima di Universitas Gunadarma mendapatkan besiswa jadi ya Alhamdulillah bisa membanggakan orang tua ku sedikit hehe.
Sebelum memasuki kuliah pertama, di bulan agustus aku mengikuti ospek dan aku bertemu dengan seorang cewek yang ramah dan baik. Namanya Audy Hermilianty. Aku berkenalan, ngobrol-ngobrol tentang asal sekolah, alamat rumah dan lain-lain. Saat ospek dimulai dan pembagian kelompok, aku tidak sekelompok dengan Audy. Ospek berjalan dari jam 8 pagi smape jam 5 sore. Aku sangat lelah dan capek. Saat keluar kampus aku bertemu lagi dengan Audy. Sebelum kita berpisah, tak lupa Audy meminta nomer hp aku.
Libur 4 hari setelah ospek, dan hari senin tiba, hari pertama aku  kuliah. Dan senang sekali ternyata aku sekelas dengan Audy. Perkuliahan berjalan minggu ke minggu, bulan ke bulan, tepat 1 semester aku dan Audy ini bersahabat. Aku dan Audy semakin dekat. Teman sekelas yang dekat ya banyak tapi kalau sahabat dikelas ya Cuma Audy hehe.
Setelah selesai UAS aku, Audy dan teman sekelas jalan-jalan ke Bandung menginap di villa 2 hari 1 malam. Disana aku mulai dekat dengan teman sekelas ku bernama Randy dia tinggi, tidak begitu putih wajahnya namun ganteng hehe. Awalnya Randy mendekati ku, ngobrol-ngobrol dan yaa jadi semakin dekat. Ko perasaan aku deg-degan ya ngobrol sama Randy. Tiba-tiba Randy mengungkapkan perasaannya pada ku. aku kaget, bingung dan senang. aku hanya tersenyum menatap wajah Randy karna aku tidak yakin ini nyata atau bukan. 
Lalu aku pergi mencari Audy dan ingin menceritakan tentang Randy tadi. Namun tak sengaja aku mendengar curhatan Audy tentang Randy, bahwa Ia telah lama menyukai Randy. Akuterdiam dan sedikit kaget. Aku dan sahabatku menyukai cowok yang sama.
Setelah aku pikir-pikir, sepertinya aku tidak ingin menyakiti sahabatku, tidak ingin mengecewainya dan tidak ingin perahabatan ini renggang hanya karna masalah hati dan cinta kepada cowok. Lagian kan memang Audy duluan yang menyukai Randy. Baiklah aku mengalah untuk sahabatku, yaa aku memeng sedikit sedih tapi nanti aku pasti akan senang juga karena melihat sahabat ku senang.


Reference :
http://id.wikipedia.org/wiki/Monolog

Tidak ada komentar: