Jumat, 29 Maret 2013

Kepariwisataan (Tulisan 7)

Tempat Wisata di Singapore yang Menarik untuk diKunjung.

1.      Patung Merlion dan Esplanade

-        Sejarahnya Merlion atau Singa laut adalah patung yang berkepala Singa dengan badan seperti ikan. Namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa. Merlion dirancang oleh Fraser Brunner untuk Badan Pariwisata Singapura (STB) pada 1964 dan dipergunakan sebagai logonya hingga 1997. Perdana Menteri saat itu, Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasangan Merlion di Singapura pada 15 September 1972. Merlion tetap menjadi lambang merek dagangnya hingga sekarang. Ia juga seringkali muncul dalam suvenir yang disetujui oleh STB. Patung asli Merlion berdiri di mulut Sungai Singapura sementara sebuah replika yang lebih tinggi dapat ditemukan di Pulau Sentosa.
-        Tinggi Merlion ini 8,6 meter dan beratnya 70 ton. Patung Merlion dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura, Lim Nang Seng.
-        Menurut kampanye publikasi Badan Pariwisata Singapura, makhluk berkepala singa dan bertubuh ikan ini mengingatkan akan kisah tentang Sang Nila Utama yang legendaris, yang melihat seekor singa selagi berburu di sebuah pulau, dalam perjalanannya ke Malaka. Pulau itu belakangan dikenal sebagai pelabuhan Temasek, yang kemudian menjadi Singapura.


Esplanade, gedung pertunjukan super modern di Singapura ini berbentuk buah durian tengkurep. Entah apa yang ada di benak para arsitek dari DP Architects (Singapore) dan Michael Wilford & Partners (London) sehingga memilih durian ketika mendesain Esplanade. Esplanade dibuka pada 12 Oktober 2002, dibangun dengan biaya S$ 600 juta atau sekitar 3,6 trilyun. Bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 6 hektar, menghadap ke pantai Marina Bay. Esplanade memiliki Concert Hall dengan 1.600 kursi penonton, dan stage yang mampu menampung 120 pemain musik. Juga terdapat Theatre berkonsep opera house dengan 2.000 kursi penonton, dan panggung berukuran 39 x 23 meter. Gedung theatre terdiri dari 4 tingkat, sehingga meskipun memiliki kapasitas 2.000 kursi, jarak terjauh kursi dengan panggung hanya 40 meter, masih memungkinkan bagi penonton untuk menyaksikan dengan jelas art performance di panggung.

Terletak di seberang hotel Fullerton, di Taman Merlion, One Fullerton. Cara ke sana bisa dengan naik MRT turun di stasion Raffles Place atau City Hall, dilanjutkan dengan berjalan kaki.


Sources :
- http://www.mint.web.id/2013/03/tempat-wisata-di-singapore.html
- http://ismindah05.blogspot.com/2012/07/patung-merlion-dan-esplanade.html

Menurut saya: Kedua tempat ini dapat dijadikan tempat wisata jika anda berkunjung ke Singapura. Patung Merlion yang merupakan simbol negara Singapura sangat identik dan menjadi ikon negara tersebut. Setiap wisatawan yang datang ke Singapura pasti tidak lupa mengabadikan kenangan indah ditempat yang bagus ini. Di arah berlawanan dari patung Merlion terdapat gedung Esplanade, yang sering disebut gedung mata lalat atau durian.

Tidak ada komentar: