Sabtu, 16 Maret 2013

Kepariwisataan (Tugas 1)


1. Apa yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan perjalanan wisata?

- Siap jasmani, rohani , fisik dan mental. 
Dalam arti ketika ingin berpergian seseorang harus siap jasmani dalam arti sehat, siap rohani yaitu pikiran, hati dan keyakinan untuk berwisata, fisik dan mental yaitu, ketika berwisata fisik dan mental kita harus kuat agar tetap menyenangkan. 
- Siap materi (budget) 
Sebaiknya sebelum melakukan sebuah perjalanan wisata, kita membuat rencana perjalanan dan menyesuaikan dan mempersiapkan materi (budget) agar perjalanan wisata tetap menyenangkan namun tidak menghabiskan banyak materi yang tidak terduga dalam berwisata. 
- Siap tujuan 
Dalam berwisata kita harus tahu tempat mana saja yang akan dituju dalam berwisata, agar kita tidak melewatkan suatu tempat pun dalam perjalanan wisata kita. Untuk itu kita harus memiliki pengetahuan tentang berbagai tempat wisata, agar tujuan wisata kita tepat seperti yang diharapkan. 
- Siap akomodasi 
Dalam berwisata sebaiknya kita mempersiapkan segala sesuarunya serinci mungkin. Siap akomodasi berarti mempersiapkan dimana kita akan tinggal dalam berwisata, menggunakan transportasi apa, dan hal-hal yang lebih rinci lainnya.
- Siap Perbekalan 
Salah satu hal yang penting juga dalam berwisata, yaitu menyiapkan berbagai perbekalan, seperti makanan, minuman, pakaian, kamera dan lain sebagainnya yang dianggap penting dalam berwisata. 
- Siap Jaminan Keselamatan 
Selain persiapan-persiapan diatas, salah satu persiapan yang jangan sampai tertinggal adalah perlengkapan keselamatan. Dalam arti tempat wisata yang kita tuju adalah tempat yang aman, transportasi yang kita gunakan juga harus aman, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan kita harus melakukan pengecekan kendaraan (jika menggunakan kendaraan pribadi). Tidak lupa dalam berpergian atau berwisata kita membawa obat-obatan ataupun P3K. Agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan. 

Dalam berwisata kesuatu tempat, berarti kita sama seperti bertamu ke suatu tempat wisata, alangkah baiknya kita tetap menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat wisata yang kita tuju. dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan terlebih selalu menjaga kebersihan, seperti tidak membuang sampah semarangan. Agar perjalanan wisata berjalan dengan baik, persiapan-persiapannya pun harus sudah direncanakan dan disiapkan dengan baik.
  

2. Jelaskan mengapa bidang pariwisata penting dalam kehidupan manusia saat ini.

Sangat penting, karena pada dasarnya seseorang membutuhkan hiburan (refreshing) dalam arti melepas penat setelah sibuk melakukan berbagai aktifitas maupun kegiatan lainnya. Dengan seseorang melakukan perjalanan wisata atau pariwisata diharapkan seseorang dapat menghibur dirinya, membuat senang dirinya maupun hati dan pikirannya. Jadi dengan adanya bidang pariwisata seseorang dapat berwisata, berlibur maupun berekreasi. Dengan adanya bidang pariwisata seseorang dapat menambah pengetahuannya mengenai pariwisata, tempat wisata maupun budaya berbagai daerah lokal maupun berbagai dunia.  Dan suatu negara juga akan mendapatkan keuntungan dari berbagai bidang pariwisata, salah satunya dengan menambah pemasukan devisa negara.

Tidak ada komentar: