Minggu, 21 April 2013

Kepariwisataan (Tulisan 16)

Obyek Wisata Kota Padang, Sumatra Barat.

Salah satu wisata alamnya adalah Pantai Air Manis




 
Ada objek wisata yang tak boleh luput untuk dikunjungi yaitu Pantai Air Manis. Waktu tempuh menuju pantai ini sekitar 30 menit perjalanan. Pantai Air Manis adalah objek wisata yang berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang, si anak durhaka yang dikutuk menjadi batu. Pantai ini menjadi salah satu lokasi favorit para pelancong yang datang.

Pantai ini memiliki pasir cokelat dengan ombak yang cukup besar. Berjalan di sekitar pantai, Anda pun akan menemukan bebatuan yang dipercaya sebagai jasad Malin Kundang dan kapalnya. Batu ini biasa disebut sebagai batu menangis, karena konon batu ini mengeluarkan air mata!

Dan Kota Padang sangat terkenal dengan wisata kuliner khasnya yaitu Rendang.

Saat ini, Rendang Padang sudah menjadi salah satu Kuliner Indonesia yang cukup terkenal, hal ini dikarenakan banyak sekali rumah makan masakan padang yang tersebar hampir diseluruh Indonesia.

Bila Anda masik rumah makan Padang, maka Anda akan menemukan menu spesial di rumah makan masakan padang adalah Rendang Padang. Anda pun juga bisa membuat rendang padang yang terkenal tersebut, tertarik untuk mencoba membuat rendang padang?

Resep Masakan Rendang Padang tidak lah terlalu sulit dan sangat mudah untuk diikuti. Mungkin bagi yang pemula dan belum pernah membuatnya akan mengalami sedikit kesulitan tapi secara keseluruhan akan baik-baik saja.

Nah, berikut adalah Resep Membuat Rendang Padang selengkapnya:

Bahan rendang padang :

1 ½ kilo daging sapi
12 gelas santan dari 3 butir kelapa
2 biji asam kandis
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya

Haluskan :

1 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)

Cara membuat:

Daging dipotong2 sesuai selera.
Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya.

Sources:
- http://wisatapadang.indonesiatravel.biz
- http://gudangartikelpendidikan.blogspot.com/2012/05/resep-masakan-rendang-padang.html
- www.google.com

Menurut saya, Kota Padang juga sangat cocok dijadikan tempat berwisata, karena Kota Padang memiliki berbagai tempat wisata yang bersejarah, unik dan menyenangkan. Contohnya Pantai Air Manis yang berada di Kota Padang ini, dipantai ini ada peninggalan batu Malin Kundang dengan berwisata kita juga bisa mendapatkan wawasan dari ceritanya. Dengan menikmati wisata alamnya, kita juga tetap melestarikan kuliner khas padang yaitu Rendangnya.

Tidak ada komentar: