Minggu, 07 April 2013

Mail Merge - Keterampilan Komputer 2B

Untuk membuat sebuah undangan di Ms. Word (Mail Merge)
1. Buka lembar kerja Ms. Word 
2. Kemudian ketik undangan yang diinginkan, contohnya seperti gambar dibawah ini.

 
3. Setelah selesai membuat undangan klik dan pilih Mailings kemudian pilih Start Mail Merge lalu pilih Letters.
 
4. Setelah itu pilih Select Recipients kemudian pilih Type New List  dan isi lembar New List sesuai yang diinginkan. Untuk menambah daftar List gunakan New Entry. Setelah selesai membuat Type New List kemudian klik OK.
 
5. Setelah kita klik OK, otomatis akan terlihat tampilan seperti dibawah ini.  Lalu kita isi File Name sesuai apa yang diinginkan, contohnya seperti pada gambar dibawah ini lalu klik Save.

6. Kemudian kembali ke lembar kerja Ms. Word yang telah berisi surat undangan. Pilih pada kata Perihal kemudian pilih Insert Merge Field  pilih yang kita isi pada Type New List, yaitu Title, FirstName, LastName dan Address, maka akan terlihat seperti gambar berikut.
7. Kemudian klik Preview Result  maka isi dari Prihal dan Kepada Yth, akan otomatis berubah seperti Type New List pertama yang kita buat.

8. Lakukan ulang seperti pada nomer 6 dan 7. Maka otomatis isi dari Prihal dan Kepada Yth, akan otomatis berubah seperti Type New List kedua yang kita buat, tetapi kita harus mengklik tanda panah untuk melanjutkan Type New List ke Nomer 2. Maka akan terlihat seperti gambar berikut.

 

9. Dan lakukan terus seperti nomor 8 dan 9 sampai pada Type New List terakhir yang kita buat.
Jadi hasil akhir undangan yang ditujukan kepada 5 penerima adalah sebagai berikut. 

1)      
2)
3)   
  
4)

5)

Tidak ada komentar: